Nihil Positif Covid-19, Lamtim dan Mesuji Bisa Jadi Contoh “New Normal”

Bandar Lampung – Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan meskipun new normal belum diberlakukan di Provinsi Lampung, namun langkah-langkah Protap kesehatan harus terus dijalankan. Pola hidup bersih dan sehat, pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun akan menjadi lifestyle atau gaya hidup masyarakat ke depan.

“Protokol kesehatan terus berjalan. Kalaupun Lampung mau diujicoba, ada 2 kabupaten yang masih bersih yakni Lampung Timur dan Mesuji karena belum ada kasus terkonfirmasi positif covid-19. Kita bisa belajar dari daerah tersebut,” katanya di Posko Satgas Terpadu Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Kamis, 28 Mei 2020.

Sesuai update situasi Covid-19 Provinsi Lampung periode 18 Maret – 28 Mei 2020 pukul 10.00 WIB, ada 3.163 orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian 58 orang proses pemantauan, 3.098 orang selesai dipantau dan 7 orang meninggal.

Kemudian 105 orang pasien dalam pengawasan (PDP) dengan rincian 15 orang masih di isolasi, 70 orang sembuh dan 20 orang meninggal. Selanjutnya kasus terkonfirmasi Covid-19 ada 118 kasus positif dengan rincian 60 orang masih dirawat, 10 orang meninggal dan 48 orang sembuh.

Di Kabupaten Lampung Timur belum ada kasus terkonfirmasi positif covid-19. Namun mempunyai 4 orang ODP, 1 orang ODP meninggal, 1 orang PDP, dan 5 orang PDP meninggal. Sementara di Kabupaten Mesuji juga belum ada kasus terkonfirmasi positif covid-19 dan pasien dalam pengawasan, di Mesuji sampai saat ini hanya mempunyai 2 orang dalam pemantauan.

Kasus tertinggi masih di pegang Kota Bandar Lampung dengan rincian 4 orang dalam pemantauan (ODP), 28 orang tanpa gejala (OTG), 3 orang PDP, 22 orang PDP sembuh, dan 5 orang PDP meninggal. Kemudian untuk kasus terkonfirmasi positif ada 46 orang dengan rincian 16 orang masih dirawat, 7 orang meninggal dan 23 orang sembuh.

“Mau tidak mau masyarakat akan menghadapi era new normal atau tatanan hidup baru,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ini.

Pemerintah terus melakukan langkah-langkah persiapan untuk tatanan kehidupan baru atau new normal. Untuk saat ini new normal tersebut diberlakukan di 4 Provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo serta 25 kabupaten/kota se Indonesia. Meskipun Provinsi Lampung belum menjadi daerah uji coba, Lampung terus melakukan berbagai langkah persiapan.

Sumber: lampost.co