KPU Kota Metro Gelar Tes Tertulis Calon Anggota PPS

Kota Metro – Untuk mempersiapkan  pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Metro 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro menyelenggarakan seleksi tes tulis calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Minggu, 01/03/2020.

Anggota KPU Kota Metro Tony Wijaya, S.Pd.I Anggota (Divisi Teknis Penyelenggaraan) mengatakan, tes tulis penyelenggaraan seleksi anggota PPS kali ini mempunyai proses dan tahapan yang berbeda. ”Bila tahun lalu penyeleksian anggota PPS ini hanya berdasarkan penyampaian rekom dari tiap-tiap Kelurahan setempat dan langsung diwawancarai oleh KPU Kota Metro, ” katanya.

Namun untuk tahun ini, lanjut Tony Wijaya, memberikan bentuk tes tulis secara terbuka yang diberikan kepada calon-calon anggota PPS sebelum mengikuti tahap wawancara.” Cara ini saya anggap lebih maksimal untuk memunculkan badan ad hoc yang memang benar-benar memiliki kredibilitas serta integritas yang baik didalam masa penugasan mereka nanti,” lanjutnya.

Ketika ditanya gambaran secara detailnya tahapan yang harus dilalui oleh para calon anggota baru PPS ini, kepada Madani-News.com Tony Wijaya, mengaku, pada awalnya calon anggota PPS ini telah terlebih dahulu melalui tahapan administrasi. “Pada hari ini mereka baru saja menjalani tahapan seleksi tes tulis, dan dari hasil seleksi tes tulis ini akan di umumkan pada Tgl 7-9 Maret 2020,” tegasnya.

Setelah menjalani tes tulis, pada 1-3 Maret akan dilakukan dengar pendapat dari tanggapan masyarakat sekitar mengenai anggota yang terdaftar di PPS.

Sedangkan tahap wawancara akan dilakukan pada tanggal 11-13 Maret 2020 dan terakhir dan pengumuman penetapan  penerimaan anggota PPS dan PPK akan diumumkan pada tanggal 20-21 Maret 2020.

Dalam acara gelar Tes tertulis PPS ada juga petugas Panwascam Pak Guritno selaku ketua Panwascam Metro Timur menanggapi tentang tes tertulis ini semoga tidak ada kebocoran soal dan tidak ada rekomendasi dari pihak manapun, ujarnya.

Tak luput juga ada penambahan salah satu anggota Panwascam, Riki Sanjaya Alam yang terus memantau kegiatan tes tertulis PPS menerangkan bahwa tes tertulis PPS ini sangat profesional dalam menyelenggarakan tempat lokasi tes.

“Semoga perserta tes tertulis PPS bisa mengerjakan soalnya dengan nyaman dan tenang,” Pungkas Riki Sanjaya Alam. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here