Menengok Visi Jahidin untuk BSB 1

Bandar sukabumi, Jahidin resmi mencalonkan diri sebagai bakal calon kepala Pekon Bandar Sukabumi pada pemilihan kepala pekon ( Pilkakon ) serentak tahun 2020 di kabupaten Tanggamus.

Pria kelahiran Bandar sukabumi  25 agustus 1975 itu membawa visi ‘’Mewujudkan tata kelola Pemerintahan Pekon Bandar Sukabumi yang baik, demi terciptanya masyarakat bandar sukabumi yang adil, sejahtera dan berakhlak mulia’’.

Dalam penjabaran misinya, Jahidin memaparkan bahwa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat adalah kewajiban penting sebagai aparatur pemerintahan desa.

Pelayanan itu terkait dengan kepentingan-kepentingan masyarakat setempat  meliputi urusan administrasi, hingga pemerataan bantuan pemerintah pusat hingga daerah sampai kepada masyarakat tingkat bawah dengan persfektip yang adil tanpa menimbulkan kecemburuan sosial.

Satu hal juga yang perlu disoroti dalam penjabaran misinya bahwa asas mufakat dan trasnparan adalah hal yang paling urgen dalam menentukan kebijakan pekon. Dalam redaksinya jahidin menulis mengedepankan musyawarah dan transparan dalam menjalankan roda pemerintah pekon.

Demokrasi desa dengan mengacu kepada asas rekognisin dan subsidiaritas adalah mengakui kapasitas desa  sebagai self governing  community  yakni komunitas yang mampu mengatur dirinya sendiri dengan caranya masing-masing yang khas.

Proses demokrasi itu tidak serta merta ditumbuhkan dengan merusak tatanan perilaku yang mengatur hubungan antara orang yang lebih tua dengan orang yang lebih muda.

Meyakinkan bahwa kepemimpinan dapat dipegang oleh siapapun tanpa mengacu kepada keturunan, serta dilakukan dengan menumbuhkan partisipasi aktif warga dalam menangani kepentingan masyarakat pekon secara Bersama-sama.

Akhir kata layar telah terkembang, kemudi telah bersiap-siap, maju dalam pencalonan kepala pekon ini bukan membawa ambisi pribadi, tetapi membawa harapan Bersama, membawa kepentingan Bersama, siap bersaing tanpa melukai jalinan persaudaraan, berkompetisi tanpa melukai pelukan silaturahmi. (H.A)